Acara

Karnaval

Karnaval terdiri dari dua kegiatan yaitu yang pertama berupa fun bike dengan tema “Sepeda Budaya Indonesia”. Acara karnaval ini sudah di mulai sebelum Indonesia 100% (H-1) atau pada hari Minggu, 27 November 2011 dengan mengundang komunitas sepeda ontel, akademisi, dan masyarakat umum.Yang kedua yaitu parade layang-layang besar yang dibuat di Solo dan akan diterbangkan di sekitaran lapangan GSP, selain itu ada juga layang-layang kecil di sekitarnya, hal itu di lakukan untuk menarik perhatian warga sekitar dan simbolik pembukaan Indonesia 100 persen.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Hari,Tanggal : Minggu, 27  November 2011

Tempat : Gedung Grha Sabha Pramana UGM

Waktu : 08.00-11.00 WIB

Lomba

Dalam Festival Indonesia 100% #3, terdapat rangkaian lomba yang terbuka untuk masyarakat umum. Lomba ini digunakan sebagai wadah bagi masyarakat umum dari berbagai kalangan, mulai dari murid Taman Kanak-Kanak sampai dengan mahasiswa untuk berekspresi dan memaknai arti kepahlawanan dengan caranya masing-masing.

Ketika dihubungkan dengan makna kepahlawanan, lomba merupakan aspek perjuangan bagi setiap peserta untuk meraih apa yang mereka inginkan. Dalam Festival Indonesia 100% #3 ini, kami menyiapkan 5 lomba untuk diikuti :

1) Lomba debat

Debat merupakan suatu proses dialektika yang mengasah intelektual peserta, paparan kritis, argumentative, dan realistis ini akan memperkaya kepahaman kita dan juga memacu sikap kritis dalam bersikap. Tema yang diusung dalam debat kali ini tentang isu kontemporer berkaitan dengan pahlawan, seperti TKI, kepemimpinan pemerintah, dsb. Proses debat dimulai dari undangan yang disebarkan keseluruh universitas di Indonesia. Pendaftaran di buka, dan peserta diseleksi melalui essay terhadap tema yang dikirimkan setelah pendaftaran. Selanjutnya 8 peserta yang lolos seleksi mengikuti tahapan lomba di UGM Yogyakarta dan rangkaian acara festival Indonesia 100%, sampai nanti grand final yang diadakan di hari terakhir.

2) Lomba jingle pahlawan

Banyaknya lagu-lagu dari berbagai aliran menandakan animo para pembuat lagu semakin berkembang. Lomba jingle pahlawan merupakan sebuah wadah ekspresi yang disediakan untuk para pencinta music dan para pembuat lagu tersebut. Dan tentunya ini merupakan sebuah alternative baru untuk mengenang ataupun meneruskan para pahlawan lewat jalur musik ataupun lagu. Dan tentunya berguna untuk para penikmat musik yang tentunya ingin mendengarkan suatu lantunan lagu yang berideologi nasionalisme.

Mekanisme lomba ini di awali pendaftaran peserta yang kemudian di seleksi lewat demo maupun sebelum hari H, selanjutnya diambil 10 besar yang kemudian berkesempatan untuk tampil disaat Festival Indonesia 100%.

3) Lomba tari

Indonesia merupakan sebuah negara yang kaya akan kebudayaan dan kesenian khasnya. Tari termasuk kebudayaan popular yang ada di Indonesia. Sayangnya kebudayaan ini semakin tidak dipedulikan lagi oleh rakyatnya. Dan tenggelam dengan adanya tarian modern yang lebih dinamis dan eksotis. Oleh karena itu tema kepahlawanan bukan hanya dilihat dari seorang tokoh semata, tetapi juga nilai-nilai yang ada didalam kepahlwan termasuk melestarikan kebudayaan. Adapun mekanismenya sama seperti lomba jingle pahlawan. Peserta di seleksi menjadi 10 besar dan dilombakan di Festival Indonesia 100%. Sasaran peserta lomba adalah anak-anak TK dan SD (kelas 1-4)

4) Lomba lukis

Lomba lukis ini sebenarnya menjadi rangkaian dengan acara karnaval nanti. Mengambil tema “100 Pahlawan Untuk Indonesia”. Lomba lukis ini diadakan sebelum Festival Indonesia 100%. Dan semua lukisan yang ada nantinya dijadikan pameran disekitaran UGM yang mengarah ke tempat pelaksanaan Festival Indonesia 100%. Lomba lukisyang ditujukan padaanak-anak diharapkan dapat menjadi symbol bibit-bibit calon pahlawan, yang perlu dikenalkan sejak dini tentang arti dan makna pahlawan.

5) Lomba Essay dan Fotografi

Lomba fotografi akan mengangkat tema “Pahlawan Dulu, Sekarang, dan yang Akan Datang”. Hasil foto akan dipamerkan pada festival Indonesia 100%, sedangkan peserta terpilih dalam lomba essay akan diundang dalam simposium nasional “Indonesia Mencari Pahlawan”. Akan dipilih tiga juara dari setiap jenis lomba, dengan total hadiah satu juta rupiah. Sasaran peserta lomba fotografi adalah usia 16-25 tahun, sedangkan sasaran peserta lomba essay adalah mahasiswa di seluruh Indonesia.

Seluruh rangkaian lomba ini akan dipusatkan dan dilaksanakan di:

Hari,Tanggal : Minggu, 27 November 2011

Tempat : Gedung Grha Sabha Pramana UGM

Waktu : 08.00-17.00 WIB

Informasi lebih lanjut terkait teknis masing-masing lomba akan diumumkan dalam waktu dekat.

Aksi Sosial

Aksi sosial merupakan upaya kontribusi konkret kepada Indonesia khususnya kepada masyarakat di daerah Yogjakarta. Jadi aksi sosial ini berlangsung dalam dua masa. Yang pertama, ketika penyelenggaraan Indonesia 100%. Dan yang kedua yaitu setelah acara Indonesia 100% ini selesai. Atau dapat di katakan juga follow up acara Indonesia 100%. Adapun rangkaian acara yang ada dalam aksi sosial yaitu:

1) Donor darah

Donor darah berlangsung selama tiga hari penuh dan bekerjasama dengan PMI. Hal ini diharapkan memberikan nilai-nilai kepedulian terhadap sesama yang sejalan dengan tema pahlawan tahun ini.

2) Sunatan massal

Seperti yang telah kita ketahui, sunatan merupakan suatu hal yang berpengaruh bagi kesehatan ke depannya. Dengan adanya Sunatan Massal gratis ini diharapkan dapat membantu dan mengurangi beban masyarkat khususnya rakyat kecil atau kurang mampu.

3) Donor buku

Membaca merupakan satu kegiatan penting yang menentukan tingkat kecerdasan bangsa, namun kendala utama masyarakat Indonesia ini ialah akses untuk mendapatkan buku itu. Oleh karena itu disini kami menyediakan kepada para pengunjung, siapapun itu untuk menyumbangkan buku-bukunya untuk di bagikan kepada saudara-saudara kita yang lebih membutuhkan. Harapanya, kumpulan buku ini akan di jadikan perpustakaan Indonesia 100%, sehingga dapat membantu mencetak para pahlawan-pahlawan baru Indonesia.

4) Kencleng 100%

Kencleng seratus persen merupakan wadah besar yang ditaruh ditengah-tengah kegiatan Indonesia 100% berfungsi sebagai tempat untuk mengumpulkan sumbangan-sumbangan dari para pengunjung Indonesia 100%. Sumbangan yang berhasil dikumpulkan akandisalurkan kepada para veteran yang sudah lebih dulu berjuang mewujudkan Indonesia 100%.

5) Layanan kesehatan gratis

Bangsa yang kuat adalah bangsa yang sehat jasmani maupun rohani. Namun kenyataan yang terjadi sekarang adalah begitu mahalnya kesehatan sehingga tidak semua masyarakat indonesia bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang semestinya dan mudah. Diharapakan acara ini dapat memberikan kesempatan yang lebih mudah untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Acara ini berlangsung pasca Festival Indonesia 100%, bertempat di daerah Kali Code yang bekerja sama dengan PKPU.

6) Perpustakaan Indonesia 100%

Seperti yang di sebutkan di atas, bahwa perpustakaan ini merupakan hasil donasi dari para donator buku di Indonesia 100%. Tak hanya buku di dalam perpustakaan ini kami juga menyediakan sebuah peralatan sains alternative.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Hari,Tanggal :Minggu, 27 November 2011

Tempat : Gedung Grha Sabha Pramana UGM

Waktu : 08.00-17.00 WIB

Bincang-Bincang Tokoh

Bincang-bincang tokoh merupakan sebuah acara diskusi publik yang menghadirkan tokoh-tokoh nasional yang kompeten di bidangnya. Dengan bertemakan pahlawan ini, maka bincang-bincang tokoh merupakan sebuah proses pemahaman, pendalaman, dan pemaknaan akan makna kepahlawanan itu sendiri.

Dalam festival Indonesia 100% #3, bincang-bincang tokoh berlangsung sebanyak empat kali. Tentunya acara ini design secara formal dan informal. Secara formal di langsungkan bersamaan dengan opening ceremony, yang dihadiri oleh peserta maupun pengunjung festival Indonesia 100%. Design informal berlangsung seperti sarasehan di malam hari yang sangat menarik perhatian bukan hanya kaum intelektual, tetapi juga masyarakat sekitar. Bincang-bincang tokoh terdiri dari empat sesi, dengan tema yang berbeda, antara lain:

Sesi

Tema

Pembicara

Hari, Tanggal

Waktu

Tempat

I

Nilai-Nilai Kepahlawanan Membangun Karakter Bangsa Syahrul Yasin Limpo(Gubernur Sulawesi Selatan)Arifin Panigoro(Penggagas LPI)Muhammad Jusuf Kalla(Wakil Presiden RI 2004-2009)

Cak Nun (Budayawan Indonesia)

Minggu,

27 November 2011

09.00-12.00

Hall

Gedung Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri

II

Semangat Kepahlawanan Pemuda Dalam Melahirkan Imperium Indonesia Andi Mallarangeng(Menpora RI periode 2009-2014)Anies Baswesdan(Rektor Universitas Paramadina)Febri Diansyah(Peneliti ICW)

Iwan Setiawan

(Penulis buku 9 seasons 10 autumns))

Minggu,

27 November 2011

12.30-16.00

Pameran Kebudayaan dan Kepahlawanan

Deskripsi kegiatan

Pameran kebudayaan dan kepahlawanan daerah berisi berbagai pameran yang menampilkan produk setiap daerah di Indonesia yang dikemas dalam konsep kepahlawanan. Peserta pameran juga akan menampilkan beberapa sosok pahlawan disamping mengenalkan produk kebudayaan yang dimiliki masing-masing daerah. Konsep pameran adalah pameran dengan kluster-kluster kelima pulau besar di Indonesia yang menggunakan wilayah outdoor. Pameran ini terdiri dari Pameran Karya anak bangsa, Pameran Kuliner, Pameran Kebudayaan dan Pameran kepahlawanan daerah.

Pameran Kuliner akan berisi kuliner-kuliner pilihan dari berbagai daerah di Indonesia yang dimasak oleh ikatan mahasiswa daerah yang ada di Yogyakarta dengan tema masakan asli Indonesia. Pameran kuliner akan terletak di luar ruangan (outdoor) dekat dengan panggung kerakyatan.

Pameran Karya anak bangsa, Pada Pameran ini barang yang ditampilkan dalam pameran ini terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu (1) foto, berasal dari hasil karya para peserta lomba fotografi yang dilaksanakan, (2) lukisan, berasal dari hasil karya para peserta lomba melukis anak dan mahasiswa yang ada di kampus disekitar Yogyakarta. (3) Desain kaos kebangsaan, yang mengundang distro karya anak bangsa untuk dipamerkan. Pameran Karya Anak Bangsa akan dilaksanakan di luar ruangan atau outdoor dimana akan menyambut para pengunjung pameran dengan dekorasi moment-moment bersejarah tahun ’45-an. Pameran Kebudayaan dan Kepahlawanan daerah, berisi mengenai berbagai macam kebudayaan setiap daerah yang diisi sekaligus oleh ikatan mahasiswa daerah dengan menonjolkan nuansa kepahlawaan masing-masing daerah. Pameran

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Hari,Tanggal :Minggu, 27 November 2011

Tempat : Gedung Grha Sabha Pramana UGM

Waktu : 08.00-17.30 WIB

Panggung Pahlawan

Pangggung Pahlawan adalah suatu sarana bagi masyarakat Indonesia untuk menampilkan kreatifitas dan ekspresi mereka sesuai dengan semangat kepahlawanan dan keIndonesian, sehingga akan menghasilkan hiburan yang menarik, mendidik dan berkualitas, yang akhir-akhir ini sangat langka dan susah kita jumpai. Panggung pahlawan merupakan sebuah acara kolaborasi para peserta lomba dan bintang tamu. Di atas panggung ini para peserta lomba tidak hanya bersaing untuk mendapatkan gelar terbaik, tetapi juga berusaha untuk menyajikan sesuatu yang spesial untuk para pengunjung Festival Indonesia 100%. Di atas panggung ini juga menjadi tempat penganugrahan para juara lomba Festival Indonesia 100%.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Hari,Tanggal : Minggu, 27 November 2011

Tempat : Ruang Utama Gedung Grha Sabha Pramana UGM

Waktu : 08.00-17.30 WIB

2 responses to “Acara

  1. pahlawan tanpa tanda jasa

    Luar biasa…
    hehe, semua acara ini gratis kah???

  2. Iya, ini semua acaranya gratis tis tis tiss… datang yaak!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s